Kunci Agar Lebih Cepat Pulih Usai Operasi Caesar


Biasanya rasa sakit pada jahitan yang membuat proses pemulihan jadi memakan waktu.

Proses operasi caesar cenderung cepat, jika tak ada keluhan baik pada ibu dan bayi. Tetapi untuk pemulihan, memang memakan waktu lebih lama dibandingkan persalinan normal.

Biasanya rasa sakit pada jahitan yang membuat pemulihan jadi memakan waktu. Untuk pemulihan lebih cepat ada trik yang bisa Sahabat Dream lakukan. Tentunya agar kondisi tubuh kembali normal dalam waktu yang tak terlalu lama sehingga Anda bisa merawat bayi lebih maksimal.

1. Jangan anti obat nyeri
Kulit dan daging Anda sudah terkena pisau bedah dan jahitan. Rasa sakit pastinya jadi konsekuensi, untuk itu jangan anti terhadap obat nyeri karena akan membuat Anda jadi lebih nyaman.

Dokter pasti memberikan obat yang aman untuk ibu menyusui. Jangan segan untuk berkonsultasi jika rasa nyeri tak kunjung hilang atau muncul masalah di jahitan operasi.

2. Mencoba bergerak
Semakin cepat beranjak dari tempat tidur, lebih baik. Dengan bergerak sedikit demi sedikit, otot jadi lebih kuat. Namun, berhati-hatilah dan minta didampingi jika Sahabat Dream merasa belum terlalu kuat untuk melakukan aktivitas sendiri. Perlahan tapi pasti, belajarlah untuk bergerak dari tempat tidur.

3. Minta bantuan
Jangan mencoba dan menjadi 'supermom'. Setelah operasi Sahabat Dream butuh bantuan, bukan hanya untuk mengurus bayi tapi juga aktivitas sehari-hari. Pastikan mencari bantuan sebelum si kecil lahir agar Anda tak kelelahan dan cepat pulih. Bantuan bisa berupa dari kerabat atau merekrut asisten rumah tangga atau baby sitter.

4. Bentuk 'tim' yang solid
Pastikan Anda dan pasangan menjadi tim yang solid. Jangan segan untuk meminta bantuannya dan dari jauh-jauh hari, beri tahu pasangan apa saja yang Anda dan si kecil butuhkan. Sementara Anda bisa beristirahat, biarkan pasangan yang mengatur rumah dan mengurus si kecil. Hal ini penting agar emosi dan kondisi psikologis tetpa stabil dan terhindar dari depresi pasca melahirkan.

(Sumber: Kid Spot)

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kunci Agar Lebih Cepat Pulih Usai Operasi Caesar