Si Kecil Termasuk Anak Jenius? Ketahui Dulu Tanda-tandanya


Ketika sekolah biasanya mereka akan mudah bosan dengan pelajaran yang diberikan, karena merasa kurang 'menantang'.

Anak jenius merupakan anak yang dianugerahi level intelektual tinggi dibandingkan rata-rata anak seusiannya. Kejeniusan ini sebenarnya sudah bisa terlihat ketika anak masih di bawah usia lima tahun.

Ketika sekolah biasanya mereka akan mudah bosan dengan pelajaran yang diberikan, karena merasa kurang 'menantang'. Bagaimana cara mengetahui apakah anak termasuk anak jenius atau bukan? Menurut National Association for Gifted Children, terdapat 6 tanda yang menonjol pada anak jenius.

1. Ingatan detail 
Anak jenius memiliki ingatan yang sempurna. Contohnya ketika ia ingat bahwa Anda telah memberinya menu nasi goreng tiga kali dalam seminggu. Atau, ia ingat berapa kali dalam satu bulan memakai kemeja hitam.

2. Berbicara dengan baik di usia dini
Anak yang sudah dapat berbicara di usia dini dan memiliki kosa kata yang cukup banyak, juga bisa jadi tanda kalau ia termasuk jenius. Ketika bayi berusia 15 bulan tentu saja hanya bisa mengucapkan beberapa kata, namun berbeda halnya jika ia dapat berbicara dengan kalimat yang sempurna di usia tersebut.

3. Bertanya tentang hal yang rumit
Anak seringkali melontarkan pertanya rumit dan bukan sekedar 'mengapa'. Contohnya ketika anak bertanya, kenapa sapi lompat melebihi tinggi bulan ?

4. Memiliki fokus yang baik
Pada anak balita, mereka cenderung belum bisa fokus. Jika ia sudah bisa fokus cukup lama, misalnya saat menonton kartun selama lebih dari satu jam tanpa melakukan hal lain, bisa jadi tanda jenius.

5. Ketertarikan pada banyak hal
Anak jenius juga cenderung memiliki ketertarikan dengan banyak hal seperti menyukai musik, yoga, dan mainan balok.

6. Memiliki kepekaan lebih
Idealisme dan juga kepekaan anak jenius cenderung tinggi, terutama terkait keadilan untuk dirinya sendiri. Contohnya ketika ia merasa diperlakukan tidak adil dengan adiknya, anak bisa 'melawan' dengan sangat baik melalui argumentasinya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, orangtua bisa berkonsultasi dengan psikolog anak. Nantinya akan diberikan tes khusus untuk mengetahui level IQ anak. Dari situ akan diketahui secara jelas, apakah si kecil termasuk anak jenius atau bukan.

Sumber: Purewow / Dream .co.id

ARTIKEL MENARIK LAINNYA :

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Si Kecil Termasuk Anak Jenius? Ketahui Dulu Tanda-tandanya